SENIN, kabar9.id - Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Jawa Timur mengikuti kegiatan field trip ke Jawa Pos Media Televisi (JTV) Surabaya Senin (28/4/2025). Field trip bertema Aksi, Kreasi, dan Percaya Diri di Balik Layar Televisi ini diharapkan memiliki keterampilan komunikasi menulis dan public speaking yang dapat meyakinkan orang lain secara etis, serta menunjukkan sikap percaya diri terhadap potensi yang dimiliki dan berani menghadapi tantangan.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan siswa tentang dunia pertelevisian. Siswa juga belajar bagaimana mengelola rasa percaya diri dan berlatih public speaking bersama para profesional di bidangnya yang sudah berkecimpung di dunia broadcasting.
Sebelum berangkat, siswa dibekali dengan lembar kerja yang menjadi panduan aktivitas mereka saat kunjungan belajar. Siswa dikondisikan oleh guru pendamping terlebih dahulu untuk memastikan kondisi siswa siap mengikuti semua ketentuan yang berlaku di dalam studio.
Di dalam studio, para siswa diberi kesempatan untuk mengeksplor dunia pertelevisian melalui beberapa aktivitas. Diawali dengan aktivitas menyaksikan siaran live Jatim Awan di studio, para siswa dapat langsung mengamati aktivitas presenter dan kru saat siaran berlangsung. Para siswa tampak antusias memperhatikan proses syuting di dalam studio. Mereka menyaksikan secara langsung proses produksi program yang tayang pada saat itu.
Setelah menyaksikan program Jatim Awan, aktivitas berlanjut ke kegiatan sharing session. Para siswa mendapatkan kesempatan untuk belajar presenting.
Lebih lanjut, para pemandu juga menjelaskan alur produksi program televisi dan pemberitaan, dalam sebuah program, ada seorang produser yang mengatur jalannya program. Selain itu, juga terdapat ruang kontrol yang merupakan elemen penting dalam dunia siaran.
“Alhamdulillah dengan berkunjung ke JTV, anak-anak bisa langsung melihat proses produksi program televisi hingga tayangan program tersebut dinikmati oleh masyarakat dan bagaimana para kru televisi bekerja sesuai tupoksinya masing-masing," Ujar Ustazah Maslahah. Rls